Sman4banjarbaru’s Weblog

April 20, 2008

Selamatkan Bumi Kita

Filed under: Artikel,Guru Menulis — sman4banjarbaru @ 7:37 am

Perlu disadari bahwa kita hanya memiliki satu bumi saja sebagai tempat hunian. Kalau bumi yang sudah berusia milyaran tahun ini terus menerus di gerogoti isi perutnya tentu lama-kelamaan bumi tidak mengalami keseimbangan lagi. Padahal bumi adalah sebuah planet yang selalu berputar mengelilingi matahari tanpa berhenti walaupun sedetik.

Bumi sebagai planet tidak jauh berbeda dengan planet lain. Kondisi bumi yang bulat seperti telur (oval) itu ternyata bahan dasarnya adalah batu. Kondisinya mirip seperti bola yang menggelinding tanpa henti, dia beredar dan meluncur mengelilingi matahari dalam sistem tata surya.

Dalam pandangan kasap mata manusia, bumi tidak bergerak, namun sesungguhnya baik dalam pandangan sains, teknologi maupun Al-Qur’an ternyata ditemukan bahwa planet bumi yang berusia milyaran tahun ini sebenarnya bergerak dan berputar dengan kecepatan rata-rata lebih dari 1.600 km/jam. Bumi juga meluncur menembus kegelapan ruang angkasa dalam perjalanannya mengelilingi matahari dengan kecepatan lebih dari 100.000 km/jam.

Manusia tidak menyadari akan kondisi bumi yang bergerak cepat ini, karena manusia terkunci dengan kuat di tanah oleh gaya gravitasi bumi. Suatu hal yang menakjubkan sekali! Bayangkan saja seandainya tidak ada gaya gravitasi bumi apa yang terjadi? Manusia pasti melayang-la yang dan saling tubrukan antara satu dengan yang lain. Kacau balau! Manusia betul-betul tidak bisa melakukan aktivitas sebagai makhluk hidup. Namun atas Kekuasaan Allah Yang Maha Agung, atas izin-Nya pula manusia mampu berdiri dan berjalan dengan teratur di atas permukaan bumi, sebab Dia berkenan menciptakan gaya gravitasi bumi. Allahu Akbar! Sungguh Dialah Tuhan langit dan Tuhan bumi, Dia Penguasa Alam! Kerajaan-Nya meliputi bumi dan langit. Mengapa manusia ingkar pada kebesaran Allah?

Coba perhatikan tentang proses terjadinya siang dan malam! Bukankah karena bumi meluncur dan berputar di ruang angkasa, sehingga menyebabkan matahari dari tempat yang berbeda di bumi selalu berubah. Hal inilah yang menyebabkan adanya siang dan malam serta perubahan musim. Disaat setengah bagian bumi menghadap arah matahari maka bumi mendapatkan sinar matahari, sedangkan setengah bagian bumi yang lain membelakangi matahari sehingga posisi bumi berada dalam kegelapan. Karena matahari tetap diam dan tidak berputar sedangkan bumi beredar mengelilingi matahari. Setengah bagian bumi yang gelap dan setengah bagian yang terang terjadi secara bergiliran, menyebabkan terjadinya siang dan malam di tempat yang berbeda. Subhanallah! Maha Suci Allah, sungguh Dia Maha Berilmu dan Maha Pengatur.

Semua itu diatur oleh Allah yang Maha Pengasih sebagaimana Firman-Nya yang artinya: ”Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian (karena malam itu gelap menutup jagat sebagai pakaian menutup tubuh manusia). Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan”. (Q.S An-Naba’ (78) :9-12).

Ayat Allah di atas memberi petunjuk kepada kita bahwa Allah Yang Maha Rahman sangat Pengasih kepada hamba-hamba-Nya. Dia ciptakan pergiliran siang dan malam agar hamba-Nya bisa istirahat dan kemudian dibuat-Nya siang agar hamba-Nya dapat mencari rezeki buat penghidupan sementara menjalani hidup (ujian) di bumi. Sungguh Allah Maha Adil, Maha Pengatur dan Maha Penentu atas segala sesuatu.

Sayang manusia, terpesona dengan kehidupan duniawi yang sifatnya sementara. Sehingga banyak manusia yang lupa bahwa kelak dia akan mati dan meninggalkan dunia ini. Jasad yang kaku membujur dipembaringan tanpa bisa digerakkan lagi karena ruh dan jiwanya telah dikeluarkan malaikat maut atas perintah Allah. Jasad yang terbuat dari tanah itu dikembalikan ke tanah (dikebumikan) artinya jasad kasarnya ditanam ke dalam bumi. Roh serta jiwanya kembali kepada Allah. Sebelum kiamat tiba roh (jiwa) manusia ditahan dulu di alam barzah (alam yang berifat gaib) sebuah kehidupan baru yang dijalani manusia dengan masa penantian yang panjang karena menunggu kiamat tiba. Setelah sangkakala ditiup baru manusia dibangkitkan dari kuburnya masing-masing untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya sewaktu di dunia, sebagaimana firman Allah yang artinya: ” Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suatu waktu yang ditetapkan, yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiupkan sangkakala, lalu kamu datang berkelompok-kelompok, dan dibukalah langit, maka terdapatlah beberapa pintu, dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi patamorganalah ia ” (Q.S An-Naba (78) :18-20).

Keterpesonaan manusia terhadap kehidupan di dunia menyebabkan manusia alfa (lupa) akan kehidupan setelah mati. Keterpesonaan itu pula yang mengakibatkan manusia mengambil kekayaan bumi tanpa batas dan perhitungan sehingga kerusakan lingkungan di bumi tidak dapat dihindari. Kerusakan lingkungan di bumi hampir menyeluruh, menyebabkan terjadinya panas global. Kondisi bumipun sangat memprihatinkan! Keprihtinan ini disebabkan kerusakan lingkungan yang berdampak langsung bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lain yang hidup di bumi.

Masalah lingkungan hidup sekarang ini tidak saja terjadi di Indonesia dan di daerah-daerah tertentu saja di negara yang dikenal dengan sebutan ”sepotong tanah dari surga” karana subur dan kaya akan hasil buminya, akan tetapi masalah lingkungan sudah menggelobal di seluruh dunia. Bumi benar-benar berada diambang kehancuran dan ini sangat memperihatinkan.

Inilah Profil Bumi tempat hunian kita yang mengelinding setiap saat.

Manusia dengan alasan kemiskinan, menggarap sumber daya alam tanpa memperhitungkan dampak yang ditimbulkannya.. Perusakan bumi terlihat dengan jelas pada dasawarsa terahir ini, dimana kegiatan dan aktivitas manusia telah meningkatkan ancaman pada sumber daya alam yang rapuh di bumi, dan banyak menimbulkan kerusakan di bumi, mulai dari atmosfer sampai kehidupan hewan. Asap kenderaan bermotor hingga pabrik-pabrik industri juga memiliki andil besar dalam pencemaran udara dan mengakibatkan hujan asam.

Pelobangan pada lapisan ozon semakin menakutkan dan mengakibatkan kanker kulit serta pemanasan global dunia yang diakibatkan oleh Gas dari pesawat jet supersonik dan lemari es. Bahan kimia pertanian telah pula meracuni sungai dan danau serta air payau di muka bumi. Spesies hewan dan tumbuhan yang unik musnah oleh aktivitas manusia berupa pertambangan dan penebangan hutan. Begitu pula lingkungan pantai yang indah perlahan-lahan dirusak oleh manusia. Terumbu karang yang merupakan bagian terindah dari kehidupan laut, dimana warna-warni hewan kerang terasa begitu indah untuk dinikmati dan menimbulkan kekaguman pada Sang Penciptanya, juga mengalami kerusakan oleh olah tangan manusia. Padahal trumbu karang tidak saja indah dipandang mata tapi lebih dari itu trumbu karang mempunyai fungsi yang luar biasa yaitu merupakan gudang persediaan makanan bagi manusia yang terus berkesinambungan. Selain itu trumbu karang juga merupakan sumber devisa negara jika dikelola secara profesional, yaitu sebagai tempat tujuan wisata. Bukankah ini merupakan sumber rezeki yang disiapkan Allah? Mengapa dirusak? Padahal Allah menciptakannya untuk dinikmati dan manusia wajib melestarikannya, jangan serakah, membabi buta mengeksploitasi sumberdaya alam.

Kenyataan menunjukkan keadaan trumbu karang sangat memprihatinkan, sebagaimana data di tahun 2000 yaitu 8 tahun yang lalu, kerusakan trumbu karang di Indonesia sudah mencapai 70%. Dapat diperoleh gambaran tentang trumbu karang kita sekarang setelah 8 tahun berlalu. Trumbu karang sampai saat ini masih dieksploitasi manusia dan upaya untuk memulihkannya hampir tidak terlihat.

Keprihatinan terhadap kondisi bumi semakin memuncak, tatkala kita merasakan dampak yang semakin mendesak kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Dalam kurun waktu yang relatif singkat dipridiksi kondisi bumi semakin kacau. Bayangkan saja saat panas dari matahari mencapai bumi, sebagian panas itu menembus atmosfer dan mencapai tanah (bumi). Sebagian besar panas lainnya dipantulkan kembali ke ruang angkasa. Gas-gas tertentu di udara memerangkap panas yang dipantulkan dari tanah, seperti kaca dalam rumah kaca. Dulu efek rumah kaca alami menjaga bumi tetap nyaman. Tetapi sebagai contoh, gas-gas yang dibuang ke udara melalui pembakaran batu bara dan minyak, di pabrik-pabrik dan kenderaan bermotor, merangkap panas lebih banyak. Para ilmuan berkeyakinan bahwa peristiwa ini mengakibatkan pemanasan iklim secara global (menyeluruh), yang dapat menimbulkan akibat yang menghancurkan bumi.

Dapat dibuat ilustrasi tentang pemanasan global sebagai berikut: Sinar datang dari Matahari kemudian dipantulkan oleh atmosfer, selanjutnya panas terperangkap dalam atmosfer oleh gas-gas rumah kaca. Selanjutnya panas matahari mencapai permukaan bumi. Akibatnya bencana terbesar akan terjadi di bumi.

Perlu pula disadari serta diwaspadai oleh penduduk bumi bahwa sekarang banyak industri yang menggunakan sumber energi dari bahan bakar fosil untuk menghasilkan produk yang juga menimbulkan pencemaran yang luar biasa dampaknya bagi manusia, misalnya beberapa jenis kenderaan bermotor. Dapat dibayangkan betapa udara kita mengandung banyak oksida belerang dan oksida nitrugen.

Udara merupakan kebutuhan vital bagi makhluk hidup. Manusia, hewan, dan mikroorganisme memerlukan udara, baik yang hidup di atas bumi, di air, maupun di dalam bumi (tanah). Udara, dalam hal ini oksigen diperlukan untuk pembakaran glokasa dalam sel-sel tubuh. Pada proses ini akan dihasilkan energi untuk menjalankan aktivitas kehidupan. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui alat-alat pernafasan. Selama proses pernafasan tidak hanya oksigen saja yang masuk ke dalam proses pernafasan, tetapi juga gas-gas lain yang terkandung di dalam udara tersebut. Diantara gas-gas tersebut ada yang membahayakan kesehatan manusia misalnya, gas karbon (CO), gas belerang, partikel SO2 dan No2, serta gas hidrogen sulfida (H2S).

Pencemaran udara yaitu penurunan kualitas udara sampai pada batas yang mengganggu kehidupan karena masuknya polutan ke dalam udara. Gas Hidrogen Sulfida berasal dari pembakaran minyak dan batu bara, serta berasal dari kawasan Gunung merapi. Gas CO dan CO2 merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari mesin mobil dan mesin letup. Gas CO (karbon monoksida) merupakan gas beacun yang sangat membahayakan organisme termasuk manusia. Apabila gas ini masuk ke dalam tubuh akan bereaksi dengan Hb (Hemoglobin). Oleh karena afinitas gas ini terhadap Hb lebih tinggi dibandingkan O2, Hb akan lebih banyak mengikat CO dibandingkan mengikat O2 membentuk senyawa HbCO. Apabila 70-80% Hb telah mengikat Co, dapat mengakibatkan kematian

Perlu disadari bahwa partikel SO2 dan NO2 membentuk embun dekat permukaan tanah dan bersifat mengganggu pernafasan. Oksida belerang dari pembakaran batu bara juga mengakibatkan terjadinya hujan asam yang sangat mengancam bagi keselamatan hidup manusia di muka bumi ini.

CFC (chloro fluoro carbon) yang digunakan dalam alat pendingin seperti AC dan lemari es merupakan sumber pencemar udara. CFC mengakibatkan rusaknya lapisan ozon (O3).

Perlu pula disosialisasikan kepada penduduk bumi (manusia) bahwa sumber pencemaran udara yang paling mengerikan berupa radioaktif. Polutan ini dapat berasal dari bocornya instalasi nuklir dan percoan senjata nuklir. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup dalam tahan tertentu dapat mengakibatkan mutasi, kelanan genetik serta kematian.

Akibat pencemaran udara dapat berupa, gangguan dan penyakit paru-paru seperti batuk, sesak nafas, bronhitis dan emfisema. Meningkatkan suhu bumi karena efek rumah kaca (green house effect). Polutan yang berupa CO2 akan mengambang di udara dan mempunyai sifat seperti kaca. Sinar matahari yang jatuh ke bumi tidak akan dipantulkan oleh CO2 yang mengambang tetapi akan diteruskan. Sebagai akibatnya suhu bumi makit meningkat. Hal tersebut merupakan dampak jangka pendek, sedangkan dampak jangka panjangnya dapat mencairkan es dkutub, sehingga permukaan air laut di seluruh permukaan bumi meningkat. Peningkatan air laut akan mampu menenggelamkan pulau-pulau di khatulistiwa yang sebegian besar merupakan negara industri.

CFC (gas yang mudah menguap menjadi gas bila mendapat sedikit tekanan) yang dtemukan dalam pelengkapan kosmetik wanita serta digunakan dalam alat pendingin bersifat merusak lapisan ozon. Padahal lapisan ozon diciptakan Allah untuk melindungi bumi dari masuknya sinar ultra violet. Sinar ultra violet ini sangat berbahaya bagi kehidupan manusia karena dapat menyebabkan kanker kulit.

Tiada jalan lain bagi kita kecuali kembali menata bumi sebagai taman firdaus agar kedamaian dan keselarasan kembali pulih sebagaimana asalnya bumi ini diciptakan oleh Sang Pemilik Kekuasaan yang diamanahkan kepada manusia untuk pemeliharanya bukan sebagai perusak lingkungan.

Untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran pertama-tama yang kita lakukan adalah menahan nafsu serakah dan nafsu amarah. Nafsu serakah yang ingin menghabiskan kekayaan sumberdaya alam untuk dieksploitasi dan nafsu amarah, ingin mengungguli dan didasari ego yang tidak terkontrol. Dalam tingkat tinggi dapat terjadi peperangan dipicu oleh nafsu amarah yang tidak terkendali. Ingatlah bahwa kehidupan duniawi ini hanyalah sementara dan semua kekayaan yang dikumpulkan itu tidak berarti tatkala kematian menjemput kita atau lebih rasional lagi tatkala kiamat tiba semua tidak berarti apa-apa bukan? Oleh sebab itu mari kita bersahabat dengan bumi. Barangkali ini memeliki nilai positif buat kita dan bernilai ibadah di isi Allah. Insya Allah.

Yang perlu disadari oleh manusia di muka bumi ini, bahwa bumi perlu diselamatkan dengan segera! Minimal, manusia bertahan membuat kerusakan di muka bumi. Kalau tidak mau juga bersahabat dengan bumi secara manis, minimal janganlah membuat bumi bersikap garang terhadap manusia. Dan perlu diingat bahwa Allah mencatat semua amal baik dan amal buruk kita, dan Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan di muka bumi, setelah Dia mengaturnya dengan baik. Percayalah.

*Penulis : Dra Hikmawati, Guru Biologi dan Muatan Lokal di SMA Negeri 4 Banjarbaru.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: